LEMAK pengertian dan fungsinya

primbonsehat.blogspot.com

Pengertian :

Lemak adalah sekelompok ikatan organik yang terdiri atas unsur-unsur Carbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O) yang mempunyai sifat dapat larut dalam zat-zat pelarut tertentuzat pelarut lemak).

Fungsi :

Sumber energi, bahan baku hormon, membantu tranport Vitaminyang larut lemak, sebagai bahan insulin terhadap perubahan suhu"sertapelindung organ organ tubuh bagian dalam

Sumber :

Ada tiga macam sumber utama lemak dalam makanan yaitu : 

  • Lemak yang tidak kelihatan adalah : lemak yang scara alamiah terdapat dalam bahan makanan. Bahan makanan yang mengandung tinggi lemak tidak kelihatan adalah daging, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan. 
  • Lemak kasat mata adalah : 1emak yang terlihat oleh mata biasa, seperti : minyak goreng, gajih atau minyak jeroa, " margarin dll. 
  • Lemak yang ditambahkan adalah : 1emak yang secara komersial ditambahkan kedalam makanan, seperti : pastry, ice cream. pie, cake ( kue ), atau makanan yang digoreng. 

Kolesterol adalah satu turunan lemak. bila kadar kolesterol dalam tubuh cukup, maka zat ini sangat berguna bagi tubuh untuk menjalankan fungsi beberapa organ tubuh seperti empedu, hormon, prekursor Vitamin D, dan menggerakan fungsi beberapa organ lainnya. 

Kolesterol sendiri dapat dibuat oleh tubuh manusi, zat ini juga terdapat dalam beberapa bahan makanan. Apabila mengkomsumsi bahan makanan mengandung kolesterol dalam darah cenderung akan meningkat. Dan kolesterol erlebihan akan mengakibatkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Yang dapat menyebabkan penyakit jantung,.Bahan makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah : kuning telur, hati, otak, paru, usus, kepiting, kerang-kerangan. 

Kelebihan Lemak : 

Kelebihan lemak tubuh dikaitkan dengan an'amanfisik yang besar seperti penyakit jantung, obesitas, kanker, dan diabetes. orang gemuk juga cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, membuat mereka lebih rentan terhadap arteriosklerosis, penyempitan arteri oleh endapan plak. Ini menjadi ancaman nyawa ketika pembuluh darah menjadi begitu sempit atau tersumbat

Bahwa organ-organ vital seperti otak, jantung atau ginjal kekurangan darah. Selain itu, penyempitan pembuluh darah memaksa jantung untuk memompa lebih keras dan tekanan darah akan meningkat. Bekanan darah tinggi itu sendiri menimbulkan beberaparisiko kesehatan, termasuk serangan jantung, 
gagal ginjal, dan stroke. Sekitar 25% dari semua masalah jantung dan pembuluh darah yang berhubungan dengan obesitas

Kekurangan Lemak :

Kekuranga Vitamin, depresi dan kelebihan makan 

Comments