TELAT MAKAN, ini akibatnya bagi kesehatan

Terlambat makan memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dilakukan dalam jangka waktu lama. Mungkin sudah menjadi kebiasaaan kebanyakan sering terlambat jadwal makan, bahkan parahnya lagi makan tidak teratur. Kebiasaan buruk tersebut memang harus dihilangkan, mengingat resiko yang akan terjadi.

Hal ini juga mempengaruhi bagi yang sedang menjalankan program diet, karena berakibat kacaunya program diet. Sehingga untuk memiliki tubuh ideal yang sesuai dengan harapan tidak akan terwujud. Salah satu dampak telat makan bagi kesehatan tubuh adalah menyebabkan permasalahan yang sering terjadi pada lambung, serta mengganggu organ tubuh lainnya. Nah bagi yang biasa terlambat makan dengan waktu yang tidak teratur, silahkan simak pembahasan berikut ini! 

Mudah Letih dan Lesu

Ketika terlambat untuk makan, suplai pada glukosa ke otak otomatis akan teganggu. Jika cadangan glukosa dalam tubuh mengalami penurunan, maka akibatnya tubuh tidak berfungsi secara optimal. Akibatnya adalah akan mudah lelah, dan lesu. Gula dalam darah yang rendah akan berpengaruh terhadap memori, konsentrasi, serta kinerja mental ataupun fisik. 

Nyeri pada Perut

Akibat sering telat makan yang selanjutnya adalah nyeri pada perut. Makan dengan waktu yang teratur memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan tubuh. Tetapi banyak orang sering menganggap remeh hal tersebut, dengan alasan malas makan atau juga karena hal lain. Selain dapat menurunkan berat badan telat makan juga dapat menyebabkan Irritable Bowel Syndrome yang dapat memicu permasalahan pada lambung, kram perut, nyeri perut, sembelit, diare, serta kembung. Nah penyakit-penyakit tersebut sangat mengganggu, dan disebabkan dengan pola makan yang tidak benar. 

Metabolisme Tubuh Melambat

Walaupun sedang beristirahat seperti tidur, proses metabolisme tubuh tetap berjalan, tujuannya adalah membakar kalori dalam tubuh untuk mengubahnya menjadi energi. Tingkat metabolisme pada tubuh ditunjang oleh asupan nutrisi dan juga kalori yang masuk. Sehingga pastikan mengonsumsi jumlah kalori yang cukup, asal tidak berlebihan untuk diubah menjadi energi. Tetapi bagi yang sering terlambat makan, akibatnya adalah metabolisme tubuh akan melambat dan ini akan berdampak pada tubuh yang menjadikan mudah lelah, dan bertenaga untuk melakukan aktivitas. 

Radang Lambung

Selain perut dapat kram, penyakit berbahaya lainnya yang sering timbul adalah radang pada lambung. Dalam kasus ini lambung akan terluka yang disebabkan oleh cairan lambung pada mukosa lambung. Gejala yang timbul adalah rasa nyeri sampai ke hulu hati setelah makan, karena terlambat untuk makan. Di Samping itu terlambat untuk makan dapat memicu penyakit seperti maag. 

Tanda Stres

Bagi yang sering melupakan waktu untuk makan bisa jadi itu tandanya sedang mengalami stres. Rasa stres dapat dipicu oleh berbagai faktor salah satunya adalah banyaknya beban pada pikiran. Oleh sebab itu cobalah untuk mengatur pola makan yang baik, untuk membuat tubuh lebih berstamina, dan menghindari berbagai penyakit

Comments