Khasiat Timun yang luar biasa untuk kesehatan

primbonsehat.blogspot.co.id
Mentimun atau yang lebih familiar disebut  timun punya banyak manfaat yang luar biasa. Apa manfaat timun untuk kesehatan? dan efek sampingnya jika berlebihan. 

Timun merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari jenis labu-labuan, hanya dapat hidup sekali. Tanaman ini akan mati setelah buahnya di panen, sehingga para petani mesti menanamnya kembali dari awal. Buah timun ini memiliki aroma yang sangat menyegarkan, maka tak heran jika buah ini banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman es campur atau sop buah.

Selain rasanya yang dapat menyegarkan, buah ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Lalu, manfaat apa saja yang dapat dirasakan dari buah timun ?

Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Berikut ini merupakan beberapa manfaat timun, diantaranya yaitu :

  1. Mengkonsumsi timun sangat berkhasiat untuk mencegah peradangan, cara mengkonsumsinya dapat secara langsung atau dijadikan sebagai campuran sirup atau dijadikan jus bersama buah-buahan lainnya.
  2. Bagi yang sedang memiliki masalah dengan pencernaan atau susah buang air besar, mengkonsumsi timun dapat menjadi solusi yang tepat dalam melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan, buah timun memiliki kandungan serat alami yang sangat berkhasiat serta dapat memberikan efek dingin yang dapat meringankan rasa mulas atau sakit perut.
  3. Mengkonsumsi timun secara rutin terbukti sangat berkhasiat dalam membantu masa penyembuhan bagi mereka yang menderita penyakit paru-paru, cacingan dan arthritis.
  4. Timun kaya akan kandungan air nya yang mencapai 95% , sehingga sangat ampuh dalam mencegah tubuh terkena dehidrasi serta membantu membuang racun di dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C nya mampu menangkal serangan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit, sehingga daya tahan tubuh akan tetap terjaga.
  5. Meminum jus timun secara rutin dapat memenuhi hormon yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin di dalam tubuh. hormon tersebut mampu mengontrol kadar gula dalam darah bagi seseorang yang menderita diabetes. Selain itu, kandungan senyawa sterol nya dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.
  6. Yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi (hipertensi), meminum jus timun merupakan solusi yang tepat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan, timun mengandung kalium, magnesium dan serat alami yang sudah terbukti keampuhannya.
  7. Ternyata timun tidak hanya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, tetapi juga sangat berkhasiat untuk dijadikan untuk merawat kecantikan seperti menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, mengatasi kulit berminyak, dan mengatasi masalah kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan, timun kaya akan nutrisi dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit dan rambut kita.
Efek Samping Berlebihan Mengkonsumsi Timun

Iingin mencoba khasiat dari buah timun ini ? sangat disarankan agar tidak berlebihan. Karena pemakaian atau mengkonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti mengalami kebotakan atau toksisitas yang disebabkan oleh kandungan kimia dalam buah timun.

Demikian informasi yang dapat ditulis dalam blog ini mengenai khasiat timun atau mentimun, semoga bermanfaat.