Khasiat Kacang panjang untuk kesehatan

Kacang panjang yang memiliki nama ilmiah Vigna sinensis, merupakan tumbuhan semak. Ukuran kacang panjang ini sekitar 30-50 cm berwarna hijau atau merah tua dan kalo sudah tua berwarna coklat. Tumbuhan ini tumbuh menjalar sehingga harus disangga agar tidak menjalar di permukaan tanah.

Selain sebagai sayur atau lalapan, kacang panjang juga mampu menjadi obat tradisional alami berbagai penyakit. Hal itu dikarenakan dalam kacang panjang terkandung berbagai zat dan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat pada akacang panjang mulai dari mineral vitamin sampai karbohidrat.

Beberapa kandungan Nutrisi pada Kacang panjang

Vitamin A - Vitamin C - Thiamin - Protein - Lemak - Karbohidrat - Protein - Fosfor - Zat Besi - Riboflavin - Magnesium - Mangan - Energi - Serat - Natrium dan Zinc

Dengan berbagai kandungan tersebut, kacang panjang mampu mengobati berbagai penyakit dalam tubuh jika dilakukan secara teratur.

Khasiat dan Manfaat Kacang Panjang 

Sebagai Sumber Protein

Kacang panjang mengandung kadar protein yang tinggi. Jika mengonsumsi kacang panjang dengan cara direbus, maka kacang panjang tersebut mampu menjadi sumber protein yang baik.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Jika setelah beraktivitas maka tubuh akan mengalami kecapean atau kelelahan. Selain itu jika tubuh kekurangan vitamin B juga berakibat tubuh kurang fit. Kacang panjangyang kaya akan vitamin B mampu mengembalikan stamina tubuh.

Mencegah Terserang Diabetes

Sudah bukan rahasia lagi kalau kacang panjang mengandung serat yang begitu tinggi. Serat tersebut mampu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah.

Menyehatkan Tulang

Tulang memerlukan asupan kalsium, magnesium yang cukup untuk pemebentukan dan menjaga tulang dari masalah pengeroposan tulang. Kacang panjang bisa menjadi obat tradisional untuk masalah tersebut, sebab kacang panjang mengandung kalsium dan magnesium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tulang.

Membantu Pembentukan Enzim Dalam Tubuh

Zat besi merupakan salah satu komponen yang berperan dalam pembentukan enzim dalam tubuh berbagai reaksi kimia. Dengan mengonsumsi kacang panjang secara teratur akan membantu pemebentukan enzim berbagai reaksi kimia dalam tubuh.

Menyehatkan Sendi

Jika sendi kurang asupan mangan yang cukup bukan tidak mungkin akan mengalami masalah. Kacang panjang mengandung mangan yang baik sehingga untuk menjaga sendi dari berbagai penyakit sendi konsumsilah kacang panjang secara teratur.

Sebagai Antibodi

Kacang panjang juga mamu menjadi antibodi yang baik. Kandungan tembaga dalam kacang panjang bisa menjadi antibodi yang baik bagi tubuh

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Sel darah merah dalam proses pembentukannya memerlukan zinc yang cukup. Kacang panjang bisa menjadi penyuplai zinc yang baik.

Selain manfaat tersebut, Kacang panjang juga bermanfaat untuk

1. Mencegah stroke
2. Meningkatkan fungsi organ pencernaaan
3. Obat luka bakar
4. Mengurangi resiko kanker
5. Mengurangi gatal gatal
6. Menyehatkan kulit
7. Obat sambelit
8. Mengobati reumatik
9. Menghilangkan jerawat
10. Meningkatkan nafsu makan

Cara Untuk memanfaatkan Kacang Panjang Sebagai Obat Tradisional Alami


Cara pengolahan kacang panjang sebagai obat tradisional alami cukup mudah karena sering dilakukan jika mengonsumsi kacang panjang. Untuk pemanfaatannya bisa dioseng oseng, disayur, dicampurkan sebagai pelengkap pecel atau sejenisnya ataupun direbus sebagai lalapan. Namun yang palin baik sebagai obat yaitu dengan cara direbus karena kandungan yang terdapat pada kacang panjang tetap tinggi.