PROTEIN pengertian, fungsi dan lainnya

Primbonsehat.blogspot.com

Pengertian Protein:

Protein, senyawa organik dengan bobot molekul tinggi pada kisaran mulai dari ribuan sampai jutaan, tersusun dari atom yang terdiri dari insur C, H, O dan N serta unsur lain seperti P dan S yang membentuk unit-unit asam amino. Protein berasal dari bahasa yunani kuno yaitu "proteos" artinya adalah “yang utama”. Protein terdapat pada semua sel hidup, kira-kira 50 %dari berat keringnya dan berfungsi sebagai pembangun struktur, biokatalis, hormon, sumber energy, penyangga dan juga, pengatur pH, dan sebagai pembawa sifat turunan dari generasi ke generasi

Fungsi :

Protein adalah bahan yang digunakan untuk pertumbuhan danperbaikan jaringan tubuh, sebagai bahan pembentuk senyawa kimia seperti enzim yang berperan penting dalam mengatur berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh. 
Protein dapat menjjadi sumber energi. Pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel. Protein berfungsi sebagai media perambatan impuls syaraf, yang mempunyai fungsi ini biasanya berbentuk reseptor, misalnya rodopsin, suatu protein yang bertindak sebagai reseptor penerima warna atau cahaya pada sel-sel mata. 

Sumber : 

Protein terdiri dari beberapa asam amino, yang mana sebagian dapat diproduksi oleh tubuh dan sebagian lagi tidak. Asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh atau disebut dengan asam amino essensial dapat kita peroleh darimakanan. Dibandingkan dengan protein dari tumbuhan, protein hewani seperti daging, ikan, susu, keju dan telur mengandung semua asam amino essensial yang diperlukan tubuh.

Protein Hewani

1. Red Meat 

Konsumsi red meat seperti daging sapi, kambing dan domba baik untuk tubuh. Selain sebagai sumber protein, red meat juga penting sebagai sumber Vitamin B12 dan Zat besi, VitaminB12 merupakan Vitamin yang sulit ditemui pada tumbuhan.

2. White Meat

Ayam merupakan salah satu contoh sumber protein dari white meat. Sama halnya dengan red meat, ayam juga mengandung lemak dan kolesterol.

3. Ikan

Kandungan lemak pada ikan. beberapa jenis ikan, seperti gindara memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Ikan lainnya seperti salmon dan tuna memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, namun jangan kuatir karena lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak baik Omega 3.

4. Susu dan produk olahannya

80 % Protein pada susu dan olahannya merupakanprotein kasein, sedangkan 20% sisanya adalah protein whey

5. Telur

Protein semakin mudah protein terserap dalam tubuh.6ibandingkan dengan sumber protein lainnya, nilai BV( whole eggs) adalah yang paling tinggi, yaitu 100

Protein Nabati 

Susu kedelai juga mempunyai manfaat bagi orang yang memiliki lactose intoleranceatau alergi terhadap susu sapi. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Grains ( Gandum ), biji-bijan atau grains, seperti misalnya gandum,memang lebih banyak dikenal sebagai sumber karbohidrat kandungan protein bisa mencapai sekitar 95. konsumsi grains sebaiknya dibatasi, terutama bagi yang sedang menjalani diet rendah karbo.

Kelebihan Protein :

Mengonsumsi lebih dari 30% persen protein sehari bisa menyebabkan terbentuknya keton,dan membuat ginjal bekerja keras membuangnya keluar tubuh. Hali ni selain membebani ginjal juga bisa mengganggu jantung akibat dehidrasi, tulang kehilangan kalsium, dan massa otot malah bisa hilang.

Kekurangan Protein : 

Kekurangan protein bisa menyebabkan penyakit busung lapar karenaprotein itu berfungsi sebagai sumber energi, hormon, enzim, dan sebagainya, jika kekurangan itu semua kita akan terjangkit penyakit busung lapar

Comments