Khasiat Kemiri untuk kesehatan dan kecantikan


Kemiri atau nama binomialnya adalah "Aleurites moluccana" tumbuhan yang biji buahnya mengandung minyak esensial. Merupakan rempah - rempah yang mudah dijumpai dan lebih sering dijadikan sebaga bumbu masakan. Kemiri lebih cocok pada negara tropis seperti Asia Tenggara diantaranya India, Cina, dan Indonesia.

Di beberapa daerah kemiri mendapatkan julukan berbeda, seperti kembiri, kemili, hambiri, gambiri, kemiling, buah kaleh, keminting, muncang, dan masih banyak lagi. Kemiri diperkirakan berasal dari negara bagian Hawaii, tetapi tidak diketahui pasti darimana daerahnya.

Selain menjadi bumbu masak, kemiri dapat dijadikan obat, terutama jika berbentuk minyak kemiri. Umumnya fungsi obat dari kemiri berfungsi untuk kesuburan, contohnya mempercepat tumbuh rambut yang mengalami kebotakan. Tetapi ada juga yang memanfaatkannya untuk mengobati penyakit seperti diare, sariawan, sakit perut, disentri, demam, dan sakit gigi.

Kehebatan kemiri tadi erat kaitannya dengan kandungan gizi seperti lemak, karbohidrat, dan protein yang terdapat di dalamnya. Di tambah dengan beberapa vitamin membuat kemiri tersohor di berbagai negara. Menurut Harjiyanto (pemerhati obat alam) senyawa seperti polifenol, flavonoid, dan saponin adalah zat yang baik bagi kesehatan tubuh yang tertanam dalam tanaman ni.

Khasiat Kemiri untuk Rambut

Bicara soal khasiat, kemiri memang tepat jika dijadikan bahan alami untuk menyehatkan rambut. Berikut beberapa khasiat kemiri untuk rambut yang menjadikannya banyak diminati warga.

Memberikan Warna Hitam Alami pada Rambut

Beli saja minyak kemiri, atau buat sendiri dengan cara memanggang kemiri hingga gosong dan ambil minyaknya agar siap dioleskan pada rambut. Pastikan memoles secara rata, dan lakukan hingga hasil terlihat. Rambut akan lebih hitam pekat dengan metode alami, selan itu juga memberikan warna kilau pada rambut. Lihat juga artikel mengenai cara menghitamkan rambut dengan bahan alami.

Kemiri Mengatasi Kerontokan Rambut

Tiap hari rambut akan mengalami kerontokan wajarnya kisaran 7 – 10 helai. Jika melebihi menandakan mengalami masalah dengan rambut rontok. Kemiri bersedia membantu, cukup mengoleskan minyak kemiri hingga akar rambut secara menyeluruh dapat memperkuat rambut dan menghindarinya dari masalah kerontokan.

Kemiri Mempercepat Laju Tumbuh Rambut

Pertumbuhan rambut tidak bisa dipastikan kapan waktunya, hanya perlu sabar dan rutin menjalani langkah yang diharuskan. Sebetulnya masalah pertumbuhan rambut (kesuburan) tergantung pada hormon dan keturunan. Tetapi tidak ada salahnya memaksimalkan dengan memanfaatkan kemiri agar rambut cepat tumbuh dan panjang.

Kemiri Menebalkan Rambut

Tepis masalah rambut tipis dengan memberkan nutrisi atau vitamin untuk rambut. Tak melulu vitamin yang harus beli, bisa mengolah kemiri untuk membuat rambut lebih tebal. Baca artiel khusus tentang cara menyuburkan rambut dengan bahan-bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Kemiri Mengatasi Rambut Beruban

Wajar jika tumbuh uban saat memasuki usia 50 tahun ke atas. Tetapi apabila masih muda sudah ditumbuhi uban, perlu menanganinya. Cukup rajin mengoleskan minyak kemiri pada pagi sehabis bangun dan malam hari menjelang tidur dapat mengatasi masalah rambut beruban dengan efektif.

Manfaat kemiri yang lain dan patut diketahui juga contohnya mengatasi BAB berdarah, mengobati sembelit, sakit perut, disentri, diare, demam, dan masih banyak lagi