Khasiat daun Katuk untuk kesehatan dan pengobatan


Daun Katuk bahasa latinnya adalah saurapus androgynus dikenal oleh masyarakat kita sebagai bahan untuk atau daun sayuran, Namun selain sebagai bahan sayuran, nenek moyang kita sudah sejak lama mengenal dan menggunakan daun katuk ini sebagai obat, pengobatani borok, bisul, demam, darah kotor dan juga untuk membantu memperlancar ASI.
Tidak ada penjelasan secara real dari mana mereka memproleh pengetahuan mengenai kandungan dan khasiat dari daun katuk ini. namun secara turun temurun dan pengalaman yang membuktikannya, namun di era modern sekarang ini dimana segala sesuatu yang kita konsumsi harus jelas kandungannya ternyata juga mengakui khasiat dari daun katuk ini.

Menurut ilmu kedokteran, kandungan yang ada di dalam daun Katuk itu ternyata banyak sekali yang berkhasiat bagi tubuh, seperti; protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B, dan C.

Bayangkan saja dalam 100 g daun Katuk terdapat 59 kal energi, 6,4 g protein, 1,0 g lemak, 9,9 g hidrat arang, 1,5 g serat, 1,7 g abu, 233 mg kalsium, 98 mg fosfor, 3,5 mg besi, 10020 mcg karoten, 164 mg vitamin A, B, dan C, serta 81 g air.

Namun hati-hati! dibalik khasiatnyatnya yang begitu banyak, ternyata apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi daun Katuk ada beberapa kendala bahaya seperti : “Apabila kita mengkonsumsi 150g jus daun Katuk mentah selama 2 minggu sampai 7 bulan, maka akan terjadi sulit tidur, tidak enak makan bahkan sampai sesak nafas.” Untuk itu dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi daun katuk.

Bahkan menurut beberapa penelitian bahwa terlalu banyak mengkonsumsi daun Katuk dapat terjadi kelainan paru-paru seperti bronkiolitis yang permanen.

Dianjurkan, sebelum mengkonsumsi daun Katuk lebih baik di rebus terlebih dahulu untuk menghilangkan sifat anti protozoa yang artinya adalah membunuh racun yang terkandung di Daun katuk tersebut. Sedangkan maksimal mengkonsumi daun Katuk ini adalah 50 g per hari.

Berikut beberapa ramuan yang digunakan dengan menggunakan bahan daun Katuk:

  1. Untuk Borok atau bisul
    Segenggam daun katuk, lalu cuci dan lumatkan, tempelkan lumatan daun Katuk pada kulit yang terkena borok.

  2. Sembelit atau susah buang air besar/kecil
    200 gr daun Katuk yang sudah bersih, rebus dengan segelas air kurang lebih 10 menit, kemudian saring. Minum air hasil saringan tersebut secara teratur 2 kali sehari masing-masing 100 m

  3. Membantu mengatasi Kurangnya ASI
    Siapkan 100 gr daun Katuk yang sudah bersih, rebus dengan segelas air hingga tersisa setengah gelas, saring lalu minum air saringan tersebut secara teratur 2 kali sehari, berhenti apabila ASI sudah banyak.

  4. Frambusia atau penyakit kulit
    Daun Katuk yang telah dicuci bersih lalu giling sampai halus. Tambahkan seperempat gelas air masak dan sedikit garam, aduk sampai rata, lalu peras dan saring. Air perasannya diminum dan ampasnya di gosokan kebagian badan yang terkena Frambusia atau penyakit kulit. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh.
Selain untuk pengobatan, daun Katuk juga memiliki khasiat yang berkhjasiat untuk menurunkan kadar kolesterol pada daging dan telur, meningkatkan produksi telur pada ayam, menurunkan suhu tubuh pada kelinci dan ayam, meningkatkan mutu daging dan telur ayam, melangsingkan tubuh, dan untuk mencegah anemia.