Khasiat daun - bunga Kumis kucing


Perkembangnya metode pengobatan moderen, tidak membuat masyarakat meninggalkan pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Tnaman kumis kucing adalah tanaman yang bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. 

Tanaman kumis kucing dikenal sejak dulu memiliki khasiat sangat banyak sekali untuk pengobatan tradisional. Bukan hanya bunganya saja yang bermanfaat akan tetapi daun dan juga akarnya dipercaya juga sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan maslaah kesehatan lainnya. Tanaman Kumis kucing aslinya berasal dari daerah Afrika yang memiliki iklim tropis, Walaupn kumis kucing bukan tanaman Asli Indonesia akan tetapi tanaman ini sangat mudah untuk tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia sehingga banyak yang telah membudidayakan tanaman tersebut di Indonesia.

Tanaman kumis kucing memiliki sejumlah khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit .Daun kumis kucing mengandung kalium dan beberapa senyawa seperti glikosida orthosiphonin yang dapat melarutkan asam urat batu empedu dan ginjal. Untuk mengetahui apa saja khasiat tanaman kumis kucing ini berikut beberapa khasiat dan manfaat tanaman kumis kucing:

Mengobati kencing batu.

Kumis kucing memang diketahui cukup ampuh untuk mengobati kencing batu dan sudah terkenal sejak dulu. Cara penggunaannya dengan mengambil beberapa kumis kucing tersebut beserta daunnya, kemudian rebus dengan 2 gelas air, tunggu hingga kira-kira air tersisa setengahnya. Minum sekitar 2 kali sehari, jika penyakit tidak kunjung sembuh perlu mendapatkan perawatan dari dokter.

Mengobati Infeksi ginjal.

Cara penggunaannya: Keringkan semua bagian tanaman kumis kucing mulai dari daun sampai batangnya, kemudian seduh dengan air panas dan tunggu hingga hangat untuk bisa diminum selain mengobati infeksi ginjal cara tersebut juga dapat mengobati encok. Selain kedua penyakit tadi kumis kucing juga bermanfaat untuk mengobati penyakit seperti:

Infeksi saluran kencing  - Diabetes - Rematik  - Sipilis

Namun ada hal perlu diperhatikan adalah, bagi yang memiliki penyakit seperti gagal jantung dan juga batu ginjal sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan ramuan kumis kucing, karena kumis kucing mengandung kalium yang yang secara khusus harus dihindari oleh penderita kedua penyakit tersebut.